Syarat Pengurusan Perpanjangan Pajak, STNK & Bpkb di Samsat

Bagi pemilik kendaraan bermotor untuk pertama kalinya, mungkin bingung mengenai syarat untuk perpanjangan pajak kendaraan (STNK dan BPKB) di kantor Samsat. Selain harus mengurus di kantor samsat atau gerai yang mana, mereka juga cukup mengalami kesulitan dalam persiapan dokumennya. Apalagi jika anda mengalami keterlambatan, atau mobil dan motor masih kredit, atau identitas KTP kepemilikan belum dibalik nama. Melalui ulasan ini, diharapkan anda memperoleh kejelasan mengenai persyaratannya.

urus pajak mobil dan motor

Syarat Utama PKB

Persyaratan di dalam memperpanjang pajak kendaraan bermotor (PKB) cukup mudah dan sederhana. Tetapi karena keterbatasan pengetahuan sebagian masyarakat, banyak yang mengalami kebingungan tentang hal ini. Dan pada akhirnya menyerahkan urusan yang mudah ini kepada Biro Jasa.

Beberapa nasabah yang mengikuti program kami yaitu gadai bpkb mobil, juga menanyakan hal yang sama. Mereka berfikir jika buku kepemilikan tersebut dijaminkan di leasing BFI, bagaimana memperpanjang pajaknya? Dan inilah jawabannya.

Atas Nama Sendiri – BPKB Tersedia

  1. Bpkb asli dan fotokopi rangkap 2.
  2. KTP pemilik asli dan fotokopi rangkap 2.
  3. STNK asli dan fotokopi rangkap 2.
  4. PKB asli dan fotokopi rangkap 2.

Note: PKB dan STNK itu selalu berbalikan dalam penyimpanan di segel plastiknya.

Atas Nama Sendiri – Bpkb Masih Kredit Leasing

  1. KTP pemilik asli dan fotokopi rangkap 2.
  2. Fotokopi Bpkb rangkap 2.
  3. Surat keterangan perusahaan pembiayaan (asli).
  4. STNK asli dan fotokopi rangkap 2.
  5. PKB asli dan fotokopi rangkap 2.

Jika mobil masih atas nama orang lain, maka wajib melampirkan KTP asli pemilik lama dan surat kuasa pengurusan perpajakan kendaraan bermotor. Kendala yang sering terjadi terutama di kota besar, yaitu status blokir dari pemilik lama terhadap pajak unit tersebut. Hal ini terjadi karena pemilik lama tidak bersedia pajak mobil / motor tersebut diperpanjang dengan namanya. Itu berarti bahwa anda sebagai pemilik baru harus melakukan balik nama Bpkb.

Kegiatan perpanjangan plat hanya bisa dilakukan di samsat utama (bukan gerai), sesuai dengan wilayah yang tercantum di STNK. Begitu pula untuk balik nama kepemilikan BPKB. Gerai Samsat Online yang mulai banyak dibuka, hanya melayani urusan administrasi dan pembayaran pajak.

Info Pinjaman Gadai

Bagikan Artikel Ini:

Komentar ditutup.