Alternatif Pengganti Syarat BKR di Pinjaman Leasing

Seperti yang kita ketahui bahwa semua leasing menetapkan bahwa debitur harus melampirkan BKR (Bukti Kepemilikan Rumah) sebagai salah satu syarat wajib. Jika nasabah tidak dapat menunjukkan hal ini, maka dapat dipastikan bahwa permohonan gadainya akan ditolak. Bagaimana jika pemohon pinjaman belum memiliki rumah? Adakah alternatif penggantinya? Berikut ini ulasan lengkapnya.

Kami mempelajari dari berbagai website pinjaman, ternyata ada berbagai alternatif pengganti BKR. Seperti yang disampaikan Portal Nominal, pinjaman bpkb mobil yang mereka tawarkan juga menyebutkan alternatif bukti domisili debitur sebagai syarat pegadaian. Diantaranya:

pengganti bukti bkr pada pinjaman

  1. PBB (Pajak Bumi dan Bangunan). Ini adalah syarat yang paling utama jika ingin mengajukan permohonan gadai bpkb mobil. Memang hal ini berarti bahwa nasabah pemilik rumah sendiri atau keluarga, diminta untuk melampirkan PBB rumahnya.
  2. Rekening Listrik. Ini adalah alternatif yang juga mengacu pada kepemilikan rumah oleh nasabah. Kadang PBB tahun berjalan belum dibayarkan karena batas waktu yang cukup panjang (setahun). Sehingga kejadian ini dapat diantisipasi dengan mengajukan bukti pembayaran rekening listrik bulan terakhir.
  3. Bukti sewa rumah. Tidak semua leasing dan bank menerima dokumen ini sebagai syarat gadai. Bahkan hanya sedikit perusahaan pembiayaan saja yang dapat menerima permohonan pinjaman dengan menggunakan syarat bukti perjanjian penyewaan rumah tahunan. Pinjaman gadai BFI adalah salah satu leasing yang mengadopsi alternatif syarat ini.
  4. Bukti AJB. Bagi nasabah yang baru saja membeli rumah, maka akta jual beli (AJB) rumahnya juga dapat dijadikan sebagai pengganti BKR selain PBB dan tagihan listrik. Memang, hal ini berarti hanya yang memiliki rumah sendiri saja yang bisa ajukan AJB sebagai salah satu persyaratan pinjaman.
  5. Kuitansi sewa rumah tahunan. Di beberapa leasing yang mengijinkan para penyewa rumah untuk mengajukan permohonan pinjaman, kadang memperbolehkan bukti pembayaran (kuitansi) sebagai lampiran. Tidak semua yang kontrak rumah tahunan mengikat perjanjian tersendiri dalam bentuk surat kontrak.

Demikianlah alternatif pengganti BKR yang lazim digunakan oleh nasabah. Keberadaan bukti ini penting dan wajib terkait dengan mencerminkan keberadaan nasabah sehari-hari. Jika debitur hanya numpang di rumah teman atau saudara atau kos bulanan, maka tidak dapat mengajukan. Karena hal tersebut beresiko tinggi. Jika dana gadai sudah cair, bisa saja mereka kabur pindah dan tidak membayar kewajibannya.

Info Pinjaman Gadai

Bagikan Artikel Ini: